Transformasi Peran Dosen Vokasi dalam Pembinaan Rintisan Usaha Mahasiswa sebagai Wujud Hilirisasi Akademik Menuju Indonesia Emas

Penulis

  • Yulia Nurendah Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

Kata Kunci:

dosen vokasi, hilirisasi akademik, rintisan usaha, bisnis digital, mahasiswa

Abstrak

Transformasi dalam pendidikan vokasi mengharuskan dosen untuk berperan lebih dari sekadar pengajar, yakni sebagai fasilitator yang mendorong penerapan hasil pembelajaran ke sektor industri. Salah satu wujud nyata dari hilirisasi akademik adalah pendampingan dosen terhadap mahasiswa dalam mengembangkan usaha rintisan sebagai bentuk tugas akhir yang aplikatif. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peran dosen vokasi dalam mendampingi pengembangan usaha rintisan mahasiswa pada Program Studi Sarjana Terapan Bisnis Digital di Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan. Fokus utama penelitian ini adalah sejauh mana kontribusi dosen dalam menunjang keberhasilan usaha mahasiswa sebagai bagian dari proses hilirisasi akademik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner, wawancara mendalam, dan dokumentasi yang melibatkan mahasiswa tingkat akhir. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa dosen memainkan peran penting sebagai pembimbing dalam merumuskan ide, menjembatani dengan dunia industri, serta meningkatkan kompetensi bisnis digital mahasiswa. Meski demikian, masih terdapat kendala seperti keberlanjutan usaha pasca kelulusan, terbatasnya akses ke pasar, dan kurang optimalnya sinergi antar sektor. Kesimpulannya, memperkuat peran dosen vokasi dalam pembinaan kewirausahaan mahasiswa menjadi strategi penting untuk mewujudkan hilirisasi akademik yang berkelanjutan dan selaras dengan tujuan besar Indonesia Emas 2045.

Unduhan

Diterbitkan

15-06-2025