Digitalisasi untuk Meningkatkan Kompetensi Dosen Vokasi UNPAD di Bidang Akuntansi Perpajakan
Kata Kunci:
Coretax System, Digitalisasi, Akuntansi Perpajakan, Evaluasi Pembelajaran, Dosen VokasiAbstrak
Digitalisasi telah menjadi kekuatan utama dalam meningkatkan kualitas pengajaran dan akses pembelajaran di pendidikan tinggi. Di Universitas Padjadjaran (UNPAD), potensi digitalisasi mulai dimanfaatkan untuk memperkuat kompetensi dosen vokasi, khususnya di bidang akuntansi perpajakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem pembelajaran akuntansi perpajakan yang saat ini belum mengintegrasikan Coretax System dan teknologi digital lainnya secara menyeluruh. Studi ini juga menggali kesiapan dan persepsi dosen terhadap rencana penerapan sistem digital terintegrasi, seperti Coretax yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Pajak, serta pemanfaatan platform digital dalam pengajaran kontekstual berbasis praktik industri. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan melalui wawancara semi-terstruktur terhadap lima dosen pengampu mata kuliah perpajakan. Analisis data dilakukan dengan pendekatan tematik untuk mengidentifikasi hambatan, peluang, dan arah pengembangan pembelajaran digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun belum diterapkan secara penuh, para dosen memiliki persepsi positif terhadap transformasi digital dan melihat digitalisasi sebagai peluang untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan kesiapan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja yang semakin terdigitalisasi. Studi ini merekomendasikan langkah strategis dalam merancang kurikulum digital berbasis industri serta peningkatan literasi digital dosen sebagai bagian dari transformasi pendidikan vokasi di bidang perpajakan.