Pengaruh Magang Industri terhadap Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Vokasi Program Studi D4 Bahasa dan Budaya Tiongkok Universitas Padjadjaran dalam Mendukung Hilirisasi Industri

Penulis

  • tri bigrit cleveresty Universitas Padjadjaran
  • Uray Afrina Afrina Universitas Padjadjaran
  • Muhammad Annas Zaenulloh Universitas Padjadjaran

Kata Kunci:

magang industri, pendidikan vokasi, kompetensi mahasiswa, bahasa Mandarin, kerja sama Indonesia–Tiongkok, hilirisasi industri

Abstrak

Magang industri merupakan elemen krusial dalam pendidikan vokasi karena menjembatani pembelajaran teoritis dengan kebutuhan nyata dunia kerja. Melalui magang di dunia Industri, mahasiswa memperoleh pengalaman kontekstual yang memungkinkan mereka mengembangkan keterampilan teknis, komunikasi profesional, dan adaptasi terhadap lingkungan kerja yang dinamis. Dalam beberapa tahun terakhir, intensitas kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Tiongkok meningkat secara signifikan, mendorong kebutuhan akan tenaga kerja Indonesia yang menguasai keterampilan berbahasa Mandarin. Kondisi ini menciptakan peluang besar bagi mahasiswa vokasi, khususnya di Program Studi D4 Bahasa dan Budaya Tiongkok Universitas Padjadjaran, yang telah menginisiasi program magang industri melalui kemitraan dengan sejumlah perusahaan. Program ini membuka akses bagi mahasiswa untuk terlibat langsung dalam kegiatan kerja nyata dan membangun kesiapan karier sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh magang industri terhadap peningkatan kompetensi mahasiswa, terutama dalam aspek kebahasaan, pemahaman proses kerja industri, dan kesiapan profesional. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif melalui penyebaran kuesioner kepada mahasiswa magang, dosen pengampu, dan mitra industri. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan konstruktif bagi penguatan program magang dan perbaikan kurikulum vokasi agar lebih relevan dengan kebutuhan industri global dan mendukung kesiapan kerja lulusan secara lebih optimal.

Referensi

Billett, S. (2011). Vocational education: Purposes, traditions and prospects. Springer.

Hidayat, D. (2023). Hilirisasi industri sebagai strategi pembangunan ekonomi Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik, 14(2), 89–102.

https://doi.org/10.24845/jekp.v14i2.1023

Kusumastuti, D., & Wibowo, A. (2020). Pengaruh program magang terhadap kesiapan kerja mahasiswa vokasi. Jurnal Pendidikan Vokasi, 10(1), 50–60.

https://doi.org/10.21831/jpv.v10i1.28491

Sutrisno, A., & Wibisono, F. (2021). Integrasi pendidikan vokasi dan dunia kerja: Studi kasus di kawasan industri Indonesia. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 27(2), 145

Unduhan

Diterbitkan

15-06-2025