Analisis Hubungan Gaya Belajar dan Kemampuan Abad 21 Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika dalam Pembelajaran Berbasis Proyek Tim

Penulis

  • ade fitri rahmadani Universitas Bung Hatta

Kata Kunci:

Gaya Belajar, Keterampilan Abad 21, Team-Based Project, Vokasi, Informatika

Abstrak

Kemampuan abad 21 seperti kolaborasi, komunikasi, berpikir kritis, dan literasi digital menjadi kompetensi penting yang harus dimiliki lulusan pendidikan vokasi, khususnya pada Program Studi Pendidikan Teknik Informatika. Namun, perbedaan gaya belajar mahasiswa diduga memengaruhi pencapaian kompetensi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara gaya belajar dan kemampuan abad 21 mahasiswa dalam konteks pembelajaran berbasis proyek tim (team-based project). Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel penelitian berjumlah 120 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Teknik Informatika di Universitas Bung Hatta. Instrumen yang digunakan berupa angket gaya belajar dan tes kinerja berbasis proyek untuk mengukur kemampuan kolaborasi, komunikasi, berpikir kritis, dan literasi digital. Hasil analisis menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar mahasiswa dengan penguasaan keterampilan abad 21, terutama dalam aspek kolaborasi dan berpikir kritis. Pembelajaran berbasis proyek tim terbukti mampu memfasilitasi berbagai gaya belajar dan mendorong pengembangan keterampilan yang relevan dengan tuntutan dunia kerja digital. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa gaya belajar merupakan faktor penting yang perlu dipertimbangkan dalam desain pembelajaran berbasis proyek untuk menghasilkan lulusan vokasi yang unggul dan adaptif terhadap tantangan abad 21.

Unduhan

Diterbitkan

15-06-2025