Pengembangan Virtual Reality (Vr) Laboratorium Sebagai Multimedia Interaktif di SMAS Adabiah Padang

Penulis

  • Karmila Suryani Universitas Bung Hatta

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Virtual Reality (VR) Laboratorium Sebagai Multimedia Interaktif di SMAS ADABIAH Padang pada mata pelajaran Informatika. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Instrumen penelitian berupa uji lembar validitas dan angket praktikalitaspraktikalitas. Populasi penelitian yaitu semua siswa kelas X dan sampel siswa kelas X.E2 yang berjumlah 31 orang. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis validitas dan praktikalitas berupa persentase. Produk VR yang yang telah dihasilkan divalidasi oleh 2 validator yaitu validator ahli media dan validator ahli materi. Hasil penilaian validitas ahli media sebesar 92% (sangat valid) dan ahli materi sebesar 96% (sangat valid). Hasil uji praktikalitas multimedia VR laboratorium yang dilakukan oleh peserta didik sebesar 85% (praktis). Jadi dapat disimpulkan bahwa pengembangan Virtual Reality (VR) laboratorium sebagai multimedia interaktif di SMAS ADABIAH Padang berada pada kategori  sangat valid dan praktis.

Unduhan

Diterbitkan

15-06-2025