Pengelolaan Pendidikan Inklusif: Kajian Implementasi Kebijakan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus

(Studi Kasus Di Kota Administrasi Jakarta Barat Daerah Khusus Jakarta)

Penulis

  • Neneng Sri Rahayu Rahayu Politeknik STIA LAN Jakarta

Abstrak

Pengelolaan pendidikan inklusif merupakan upaya dalam memastikan program pembelajaran yang melibatkan keikutsertaan peserta didik berkebutuhan khusus pada lingkungan sekolah dan kelas yang sama dengan anak bukan penyandang disabilitas sesuai bertujuan yakni terjalinnya komunikasi, interaksi dan sosialisasi bagi peserta didik berkebutuhan khusus dengan anak bukan penyandang disabilitas, sehingga terbangun budaya toleran dan saling menghargai perbedaan. Permasalahan yang dihadapi saat ini bahwa partisipasi sekolah dalam menyelenggarakan pendidikan inklusif partisipasi sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif hanya mencapai angka 9,3 persen (2022) sehingga pada tahun 2023 pendidikan inklusif diwajibkan untuk diikuti oleh seluruh satuan pendidikan di Indonesia sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh wilayah provinsi masing-masing. Tujuan dari penelitian mengidentifikasi dan menganalisis faktor yang menjadi penghambat dalam pengelolaan program pendidikan bagi peserta didik berkebutuhan khusus. Adapun metode yang digunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan data primer berupa hasil wawancara dan hasil observasi, serta didukung dengan data sekunder lainnya dengan mengkaji teori implementasi kebijakan dari Van Meter dan Van Horn. Berdasarkan hasil kajian terhadap implementasi kebijakan bagi peserta didik berkebutuhan khusus di Jakarta Barat belum dapat dijalankan secara optimal karena masih terdapat berbagai faktor yang belum dapat dilaksanakan secara optimal.

Kata Kunci: Implementasi, Peserta Didik Berkebutuhan Khusus 

Referensi

Abosi, O. dan Koay, TL. 2008. “Attaining Development Goal of Children with Disabilities: Implication for Inclusive education”. International Journal of Special Education, 23, (3).

Lindblom, C., E. 1959. “The Science of Muddling through”. Public Administration Review", 19, 79-88, DOI: https://doi.org/10.2307/973677

Lukitasari, S.W., Sulasmono, B.S., dan Iriani, A. 2017. ”Evaluasi Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusi”. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4, (2), 121–134, DOI: https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i2.p121-134

Unduhan

Diterbitkan

15-06-2025