Kesadaran Merek dan Kepercayaan dalam Relasi antara e-WoM dan Pemasaran Viral terhadap Minat Beli Konsumen Produk UMKM
Kata Kunci:
kepercayaan, kesadaran merk, viral marketing, e-WoM, minat beli konsumenAbstrak
Pengguna media sosial di era digital terus meningkat dari waktu ke waktu. Informasi yang disebarkan oleh para pengguna media sosial atau biasa disebut dengan e-word of mouth (e-WoM) diprediksi dapat memengaruhi minat beli konsumen. Viral marketing menjadi salah satu strategi yang efektif yang melibatkan konsumen dalam menyebarkan pesan perusahaan kepada orang lain. Penelitian ini merupakan penelitian pendahuluan yang dilakukan secara kualitatif untuk mempelajari peran e-WoM di media sosial dan viral marketing terhadap minat beli konsumen pada makanan yang diproduksi oleh UMKM. Pengumpulan data dilaksanakan secara purposive sampling, dengan cara melakukan wawancara mendalam terhadap 76 konsumen yang berdomisili di Kota Bandung, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat, yang dalam satu minggu terakhir terpapar informasi dari suatu akun media sosial UMKM. Hasil wawancara menunjukan bahwa e-WoM dan viral marketing tidak berelasi secara langsung terhadap minat beli karena terdapat peran mediasi dari trust dan brand awareness. Berdasarkan hasil wawancara dan mengacu pada penelitian yang relevan, dirancang suatu model konseptual sebagai rekomendasi untuk penelitian lebih lanjut.