The Berpikir Kritis dalam Pendidikan Vokasional: Kajian Literatur Sistematis Terpadu dan Analisis Bibliometrik

Penulis

  • Hanifah Nur Istanti Universitas Negeri Yogyakarta

Kata Kunci:

berpikir kritis, pendidikan vokasional, strategi pembelajaran, keterampilan abad ke-21, pembelajaran kontekstual

Abstrak

Berpikir kritis merupakan kompetensi penting dalam pendidikan vokasional yang berkaitan dengan kemampuan menganalisis, mengevaluasi, dan membuat keputusan secara logis dalam situasi yang kompleks dan kontekstual. Artikel ini menyajikan kajian literatur yang bertujuan mengidentifikasi dimensi utama keterampilan berpikir kritis, menelaah relevansinya dalam pembelajaran vokasional, serta mengeksplorasi strategi pembelajaran yang dapat memperkuat keterampilan tersebut. Kajian dilakukan melalui penelaahan berbagai sumber akademik dan penelitian terkini yang membahas implementasi berpikir kritis dalam pendidikan kejuruan di berbagai bidang keterampilan. Hasil kajian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis dapat ditumbuhkan melalui pembelajaran yang bersifat kontekstual, kolaboratif, reflektif, serta berbasis pemecahan masalah. Dalam konteks pendidikan vokasional, penguatan berpikir kritis tidak hanya mendukung penguasaan kompetensi teknis, tetapi juga kesiapan kerja, fleksibilitas, dan kemampuan adaptif peserta didik. Kajian ini memberikan landasan konseptual bagi pengembangan strategi pembelajaran vokasional yang lebih relevan dengan kebutuhan dunia kerja abad ke-21.

Referensi

Irwanto, I. (2023). Pendidikan Vokasional Berbasis Keterampilan di Abad ke- 21. Vocational Education National Seminar, 2(1).

Sulistyanto, S., Mutohhari, F., Kurniawan, A., & Ratnawati, D. (2021). Kebutuhan Kompetensi di Era Revolusi Industri 4.0: Review Perspektif Pendidikan Vokasional. Jurnal Taman Vokasi, 9(1).

Irwanto, I. (2023). Pendidikan Vokasional Berbasis Keterampilan di Abad ke- 21. Vocational Education National Seminar, 2(1).

Unduhan

Diterbitkan

15-06-2025